Olahan Tempe Yang Unik "Makanan Khas Indonesia Yang Banyak Di Gemari"

Gambar
  Tempe adalah sejenis makanan fermentasi yang dibuat dari biji kedelai. Berbeda dengan masakan tradisional   lainnya, tempe biasanya memiliki cita rasa yang khas dan berwarna putih karena ada proses peragian pada proses pematangan   biji kedelai.   Awalnya tempe banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia saja, namun saat ini orang dari seluruh dunia juga mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan tempe dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti daging bagi para vegetarian.   Selain itu tempe juga dapat di masak dengan berbagai cara mulai dari di goreng, dikukus, dan dibakar. Dari ketiga cara itu menurut saya yang paling unik yaitu di bakar.   Pernah nggak sih gusy? Kalian makan tempe pake tusukan gitu, mirip seperti sate tapi   ini bedanya tempe bukan daging. Dan prosesnya hampir sama seperti pembuatan sate pada umunya   dengan cara dibakar, emang sih rasanya tetap seperti tempe nggak berupah jadi daging.   Tapi ini menurut saya enak loh!  Apalagi disiram bumbu kacang me

Ikan Bawal Dengan Kuah Santan Pedas "Eemmm Enaknya Nggak Ada Lawan"


Kalo ngomongin kuliner yang ada di Indonesia, memang nggak pernah bosan dan  nggak akan ada habisnya. Pati ada aja kuliner yang unik dari setiap daerah, bukan cuma kulinernya aja gusy! destinasi wisata alamnya juga banyak banget. Baik di darat maupun di laut juga nggak kalah keren sama destinasi wisata alam yang ada diluar negeri. Tapi tema  kali ini saya mau membahas kuliner dari ikan bawal yang pasti gurih, nikmat, pedas, dan bersantan.

 



Ikan bawal  merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari dan menjadi primadona di kalangan masyarakat karena kelezatanya, ada banyak sekali teknik memasak ikan bawal, mulai dari  digoreng, dibakar, dan dikukus.

 

Ini pertama kalinya saya coba ikan bawal dengan teknik memasaknya yang unik. Pertama sebelum di bakar ikan bawal di oles dengan bumbu-bumbu yang kaya akan rempah-rembah, baru kemudian ikan bawal  di bakar  setengah matang hingga air yang ada di ikan keluar, setelah itu di goreng kering.

 

Kemudian, sebelum ikan bawal masuk dalam panci yang berisi kuah santan yang mendidih. Ikan bawal yang tadi sudah digoreng lalu di potong menjadi empat bagian, untuk potongannya tergantung selera dan ukuran ikan. Baru kemudian ikan bawal di masukan dalam panci, proses memasanya menggunakan api sedang. Dengan kurun waktu 15 menit  hingga kuah santan meresap ke ikan bawal.

 

Saat saya ingin mencoba eemm…! Aroma dari santanya tanjem banget apalagi ada irisan cabai rawit ijo membuat rasanya meledak  di mulut. Nggak tau kenapa saya lebih suka kuah santan yang pedes dari pada yang manis, kalo kamu lebih suka kuah santan yang mana guys?

 

Proses memasaknya yang panjang membuat tekstur ikan bawal menjadi gurih dan empuk, rempah-rempahnya juga terasa banget di dalam daging dan ada sekidit aroma asap mungkin karena tadi di bakar dulu ikannya. Apalagi makannya sama nasi anget beh enak nanpol pokoknya. Tapi yang saya nggak suka saat mau makan ikan bawal, itu durinya banyak banget dan tajem gusy! Jadi kalo makan ikan bawal harus hati-hati.

Komentar